Senin, 03 Maret 2014

Pengalaman Tes HSG

Haiii, sesuai judulnya ya kali ini gw mau sharing tentang pengalaman HSG gw hari Sabtu 01 Maret 2014 kemarin. Warning!!! sharing kali ini bakalan agak panjang yaaa, jadi jangan salahkan saya kalo bosen bacanya kepanjangan..hehehhehe

Yaa emang gak gw bayangkan sebelumnya kalau perjuangan gw untuk bisa hamil harus melalui proses2 semua ini, sebelum merit gw kira kalo mau hamil tuh gampang asal berhubungan intim bakalan langsung hamil. Ternyataaa setelah memasuki dunia perkimpoian *Tsahhh.... gw baru tau kalo untuk hamil itu diperlukan sel telur yg bagus, sperma yg bagus, saluran tuba gak tersumbat, harus tau masa subur kita kapan, dan lain-lain yang pasti banyak banget kalo disebutin n yang pasti harus siap lahir batin untuk jadi Mama..heheee
Gw sama Thony udah mau 1 tahun 4 bulan merit, dan baru mulai fokus untuk program pas bulan Juni tahun 2013 lalu, sebelumnya di bulan Maret - Mei gw cobain obat cina yang terkenal banget di forum Weddingku yang namanya Pai Fung Wan, gw coba selama 3 siklus dan gak berhasil jadinya gw stop dan beralih ke medis aja.
Gw program sama dokter Lina Meilina di Rs. Mitra Keluarga Bekasi Barat, dapet rekomendasi dari temen sekolah gw dulu, n ternyata dokternya keibuan bgt, sabarrrrr, n selalu jelasin dengan detail dan ga terkesan buru2 kalo gw konsul.
Pertama gw konsul, sama dia sih sebenernya disuruh tunggu setelah 1 tahun merit (waktu itu gw baru 7 bulanan merit) tapi gw bilang gpp dok saya konsul dari sekarang aja. Karena memang gw punya masalah haid yang suka telat setiap bulannya jadi sekalian di treatment lah.
3 bulan pertama gw konsul dikasih obat penyubur yaitu Profertil yg fungsinya buat gedein sel telur kita, dan ternyata selama 3 bulan itu gagal. Lalu siklus mens gw diatur supaya lancar dapetnya pake obat yg namanya Cyclo Proginova, selama konsumsi itu obat emang siklus mens gw jadi lancar n pas 28 hari setiap bulannya tapi kehamilan belom kunjung dateng..hiksss
Oiya gw banyak googling juga apa sih efek samping minum obat2an hormon gitu, beragam banget efeknya ada yang pusing, mual, jadi gendut, nafsu makan bertambah n jerawatan. Kalo di gw efek sampingnya ya cuma jadi jerawatan aja, dan alhasil muka gw punya beberapa bekas jerawat karena tangan gw gatel banget buat pencetin jerawat..hahaahaa
Kalo untuk efek mual n pusing gw gak alamin, jadi gendut juga enggak karena berat badan gw stay di 52kg dan 2 bulan kemarin diangka 50kg. Nafsu makan bertambah sih emang udah sebelum konsumsi itu obat juga udah doyan makan n ngemil, cuma gw udah jaraaaaaaaang banget yang namanya minum minuman kemasan dan bersoda. Itu udah bener2 gw jauhi banget semenjak gw program hamil dan gw berlakukan juga buat Thony, gw juga gamau dia sering minum manis2 karena bokapnya dia ada riwayat diabetes. Amit2 juga kan kalo sampe kena, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Dan setelah melalui obat2an belum juga berhasil, akhirnya dokter saranin gw dan thony untuk tes lanjutan. Tes analisis sperma buat thony dan gw tes hormon, kedua tes tersebut kita jalanin di RS. MKB. Tes sperma berjalan lancar ya cuma kurang nyaman aja karena kayak 'dipaksa' untuk keluarin..heheheee
Hasilnya Normozoospermia yang artinya normal dari segi bentuk, kecepatan, kualitas dan kuantitas dan siap untuk membuahi ^^
Tes hormon nih yang gw agak tegang karena gw harus diambil darah 1 tabung kecil melalui jarum suntikan, gw cuma merem selama proses ambil darahnya. Ternyata gak kerasa sakit, cuma ada bekas kecil aja n gatel sedikit pas plesternya dibuka. Hasilnya pun normal gak ada ketidakseimbangan hormon, tadinya gw pikir prolaktin gw bakalan tinggi karena mens suka telat, ternyata normal. Thanks God!!
Kedua tes udah kita jalanin, lalu gw ketemu lagi sama dokternya dan dikasih profertil lagi rencananya untuk 3 bulan. Tapi baru 1 siklus gagal lagi, yaa seperti biasa mens gw telat dateng dan gw gak ngerasain tanda2 hamil, gw ke dokter lagi lalu setelah di usg dokter kasih gw obat peluruh haid namanya provera.
Akhirnya muncul juga si M setelah 7 hari minum obat dan 4 hari setelahnya baru deh keluar. Dokter juga saranin gw untuk tes HSG saat itu, lalu gw dikasih surat pengantar untuk bagian radiologi buat tanya2 prosedur buat HSG. Gak terasa air mata gw keluar saat antri ketemu bagian administrasinya, tapi buru2 gw menyemangati diri sendiri saat itu bahwa gw harus kuat. Kalo gw mau hamil dan program ini, berarti semua saran dokter akan gw jalanin juga. Diruang radiologi gw tanya2 masalah biaya dan apa aja yang perlu dipersiapkan.

Kalo di Rs. MKB biaya tindakannya 1.101.500 dengan syarat2 :
- Tes bisa dilakukan pada hari ke 9-11 haid pertama
- Disaranin untuk sarapan / makan terlebih dahulu sebelum jalanin tes
- Bawa 1 buah pembalut
- Cukur bulu disekitar kemaluan (upsss)
- Dilarang berhubungan intim saat mens sudah selesai sampai tes dijalankan.

Udah gitu aja sih, setelah gw pulang dr dokter langsung deh gw bergugel ria cari2 pengalaman orang2 yang jalanin tes tersebut. Ada yang bilang sakit banget, ada yang bilang sakitnya masih bisa diterima, dan ada juga yang bilang gak sakit sama sekali
Kebanyakan cari2 informasi ngebuat gw semakin takut buat jalanin tesnya, Thony pun minta gw untuk gak usah cari2 tau lagi supaya gak kepikiran.
Sampe akhirnya hari yang gak begitu dinanti pun tiba, pagi2 gw beberes rumah, mandi, n capcus ke Rs. Cari sarapan di Rs aja n dapet lontong yang tinggal 2 biji. Jadi gw 1 Thony 1, lumayanlah buat ganjel tenggorokan..wkwkkkk
Setelah daftar di adm, gw disuruh bayar tindakannya dulu lalu lapor ke bagian radiologi n diresepin 1 obat yang dimasukin via anus yang harganya 15.700 aja.

ini penampakannya, GEDE bgt kan >.<
Setelah sukses memasukkan itu obat sendiri di kamar mandi (sumpah berasa ganjel banget setelah obatnya masuk) lalu gw lapor ke suster di ruang radiologi, dan dia bilang tunggu sebentar karena ada 1 orang pasien juga yang jalanin tes HSG, okelah akhirnya gw tunggu kira2 45 menitan belom juga selesai. Udah mulai resah gelisah didepan ruang tunggu sambil doa terus dalem hati agar dilancarin prosesnya. Setelah itu nama gw dipanggil suster dan gw masuk sendirian karena suami gak boleh temenin pada saat tindakan. Didalem ruangannya gw isi surat pernyataan gitu deh dan disuruh lepas semua pakaian kecuali BH lalu pake pakaian kayak kimono n disuruh tiduran diatas tempat tidur besi. 10 menit belom juga dieksekusi, lalu gw ubah posisi dari tiduran jadi duduk di tempat tidurnya, sampe 30 menit belom ditindak juga, susternya bolak balik ke gw bilang sabar ya bu, dokternya masih nanganin 2 pasien lagi. Lalu gw bilang "Tapi efek obat pereda sakitnya belom ilang kan sus karena udah dari jam 11 gw masukkin dan saat itu udah jam 12.15, dia bilang belum kok bu. Yaudah gw nyantai2 lagi, terus turun duduk di kursi aja sambil Watsappan ama Thony, kalo didalem gw belom diapa2in --' padahal udah hampir 1 jam gw nunggu didalem. Akhirnya gak lama dokternya dateng, dan bilang sorry ya lama nunggu. Lalu gw jawab gpp dok (pdhal dalem ati udah bete bgt nunggu 1 jam sendirian) lalu gw tanya prosesnya sakit apa enggak dan berapa lama. Si dokter jawab gak sakit kok asal rileks dan paling 15 menit aja prosesnya. Okelah mainkan dok kalo begitu, saya udah siapppp..heheheh
Mulailah posisi yang gak ngenakin banget, yapp NGANGKANG lebar2 depan muka si dokter itu sambil diobrak abrik perkakas gw en disorot lampu sama si suster. Saat itu dokternya mulai tanya2 mungkin basa basi kali ya supaya gw gak tegang banget, dia tanya brp lama nikah, n konsul sama dokter siapa.  Kira- kira 3 menitan lalu disuruh mundur kebelakang n tiduran biasa, terus gw tanya udah dok? dan dokter bilang bagian ribet2nya udah (maksudnya pasang kateter n selang2 buat cairan kontrasnya) Kata susternya bagian sakit2nya udah lewat bu. Perasaan tadi gw gak ngerasa apa2 kayak cuma diusap2 aja..heheeee
Lalu gw tiduran n mulai deh alirin cairan kontrasnya, hmm disini pun gak ngerasa sakit sih cuma berasa kayak kram mens paling ringan aja. 2 kali dialirin lalu dokternya bilang oke udah selesai. Hah selesai dok, kok saya gak disuruh miring kiri kanan sih dok? terus dokternya bilang kamu kata siapa ? kebanyakan cari2 diinternet yah?? iyaaah dok bener banget jawab gw. Ok kok kata dokternya bagus gak tersumbat. Thanks God!!
Lalu suster suruh gw tiduran dulu 1 menitan n boleh bersih2 habis itu. Selesai bersih2 gw keluar ketemu Thony lalu gw langsung ambil hasilnya ke bagian adm karena langsung jadi juga.
Hasilnya udah gw terima n ternyata foto rontgennya berbentuk CD dan ada 1 lembaran juga hasil rinciannya tertulis :

- Besar dan bentuk cavum uteri normal.
- Kedua tuba terisi kontras dengan baik.
- Spill kedua tuba positif (ini gak ngerti spill itu apaan)
Kesan : - Kedua tuba patent.

Horeeeee, gw senenggggg banget saat itu pas tau hasilnya bagus. Lalu gw ke Thony lagi, dengan muka serius dia tanya ke gw gimana hasilnya dan gw jawab tubanya patent. Hufttt akhirnya gw lewatin juga tes yang katanya menakutkan ini.

Belom bosen kan baca cerita gw??? Dibawah gw tulisin yah hal2 apa aja yang menurut gw boleh kalian lakukan saat akan memutuskan tes HSG ini.


  • Harus siap dulu mentalnya ya, jangan karena takut sakit jadi mundur terus deh tesnya (semakin cepat semakin baik) menurut gw loh...
  • Selalu berdoa untuk minta dilancarin dan dijauhin dari rasa takut pada saat tindakan (sebelum tindakan kan gw nunggu lama tuh, disitu gw berdoa terus agar gw bisa dan mampu jalanin tesnya) dan itu berhasil banget buat gw tenang jalaninnya.
  • Kalo bisa minta suami anter pada saat tes (ini penting banget buat gw, karena gw gatau deh tanpa Thony temenin gw hari itu gw mampu apa enggak) Tapi ada loh 1 ibu2 jalanin tes sebelum gw sendirian tanpa ditemenin siapapun karena suaminya lagi dinas keluar kota. Salut banget sama ibu itu dia kuat jalanin sendiri.
  • Jangan kebanyakan googling kayak gw, berpuluh2 kali baca pengalaman orang alhasil membuat gw ketakutan sendiri akan tesnya. Yakin aja kalo emang bisa jalanin itu semua yaa
  • Kalo bisa jangan liat alat2 untuk tesnya ya, itu pasti ngebuat kalian semakin takut.
  • Usahakan sehari sebelum tes, kalian seneng2 aja jangan kepikiran banget. Gw kmarin hari jumat siangnya pergi ke mol berdua sama keponakan gw lalu malemnya Thony ajak gw nonton bioskop jam 9.30 dan selesai jam 11.30. Gatau deh dia emang mau bikin gw nyantai apa emang karena lg ada film bagus, yang pasti seneng2 bikin stress hilang.
  • Hmm kayaknya itu aja sih ya menurut gw.
Efek setelah tindakan berlangsung :
  • Setelah tindakan selesai gw masih bisa jalan tanpa sakit
  • 1 Jam, 2 Jam setelahnya masih biasa aja tapi perut kayak kembung dan mbelebek gitu deh tapi mau dikentutin juga susah..wkwkkwk
  • Laperan terus, maunya ngemil melulu
  • 3 Jam setelahnya barulah rasa nyeri2 dikit dateng dibagian dalem badan sekitar pinggul sampe ulu hati (bergantian) gw masih belom minum obat pereda nyeri
  • 4 jam setelahnya nyeri pun masih ada dan lebih terasa lagi kalo gw jalan dan bergerak. Tapi gw tetep aja tuh belanja bulanan di carrefour selama 2 jam dan gek kerasa nyerinya..Lol shopping gitu loh mana ada yang gak hepi.
  • Setelah selesai bayar2 di kasir, datanglah nyeri yang agak2 kuat dateng. Tapi gw belom minum obat juga karena belom sampe rumah dan belom makan malam. Akhirnya mampir dulu deh ke bebek goreng Pak Slamet..Lalaalaaa makan dulu, nyeri pun ilang.
  • Sampe rumah gw langsung minum obat dari dokter gw dulu, Sanmol namanya katanya sih buat demam dan nyeri. Karena gak punya ponstan ataupun mefinal jadinya gw minum aja. Nyerinya berkurang dikit karena gw pun udah gak banyak2 gerak dan juga udah tiduran. Tapi sebelumnya masih sempet massage mukanya Thony pake krim yang baru gw beli pas belanja tadi. LoL..hehehee (jadi intinya nyerinya gak ngebuat lo sampe nangis bombay sih)
  • Besok paginya nyeri masih ada tapi udah dikittttt banget n gw udah bisa aktifitas lagi (nyuci, kepasar, masak dll)
  • Siang masih suka nyeri dan sore udah gak terlalu berasa nyerinya (udah hilang malahan dan udah bisa meet n greet melayani suami) Lol..Maklum lah ya kan udah 10 harian..wkwkkwkk
  • Lusanya atau tepatnya hari ini, udah gak kerasa apa2 lagi.
Kesan gw jalanin tes HSG ini :
Ternyata semua ketakutan gw tentang HSG yang menyakitkan, gak terjadi sama sekali di diri gw. Sakit emang ada tapi bukan sakit menurut gw cuma nyeri aja dan itu wajar kok terjadi karena terjadi disaat beberapa jam setelah tindakan dan mungkin efek pereda sakit yang gw masukkin udah habis. Wajar kan onderdil yang abis diobok2 dan dimasukkin cairan kontras bakalan ada nyeri setelahnya. 
Kalo selama tindakan dari masukkin cocor bebek, pasang kateter, pasang selang, gak ada sakit sama sekali, yang ada cuma kram ringaaaaaan banget saat cairan kontras dialiri aja.

Terima kasih Tuhan atas semua kelancaran dalam tes ini dan juga Terima kasih buat suami gw Anthony, yang udah selalu support saat gw lagi down dan selalu ada buat gw dan berusaha buat gw selalu happy dan enjoy jalanin semua ini. I love you sayang..muachhhh

Dan buat Bu Ibu semua yang mau tes, ayo semangati diri kalian pasti bisa.. Semangat dan semoga berhasil yaaaa ^^









32 komentar:

  1. lega bacanya mbak... hehe... aku juga disuruh HSG... tapi gmn dong klo dateng bulan sampe 12 hari... hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheee yg penting jangan terlalu tegang mba biar alat2nya jg gampang dimasukkin ^^ dan jangan lupa siapin obat pereda nyeri, buat jaga2 beberapa jam setelah tindakan.
      Semoga berhasil ya tesnya :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. terus skrg udah ada tanda2 hamil belim sist? aku juga baru mau cek HSG bulan ini.

    BalasHapus
  4. Bulan depannya stelah hsg langaung hamil sis :)

    BalasHapus
  5. Mba Dina aq jg mau test hsg kebetulan rumah jg di bekasi ada referensi lain utk test hsg selain di mkb mba?
    Aq agak trauma disana, kk ipar ku bolak balik periksa disana katanya ada kista di perut, tp begitu periksa ke malaysia ternyata miom bukan kista.

    BalasHapus
  6. Hallo mba..saya baru coba 1 kali hsg itupun di MKB mba :)
    Mungkin di rs. Hermina ada mba..

    BalasHapus
  7. Senang mba bacanya.aku baru tadi hsg..sekarang nyeri keram,kbtulan buka yg ini.klo boleh tau lngsng hamil itu pake obt dokter kya profertil ato normal?saya buntu 1 tp dah punya anak1 mau 7th.. makasii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii mba maaf baru bales, sibuk2nya skrg urus baby :)
      Sehabis tes itu saya ga kedokter lagi setelah tau kami normal dua2nya, jadi hamil alami mba :)
      Sama mungkin ga dibawa stress krn rencananya bulan meinya mau di insem, eh malah hamil pas bulan april.

      Hapus
  8. Seneng bacanya..
    Bsk tgl 23 maret aQ djadwalin buat HSG, smpet ketakutan dg rasa sakit. Tp baca cerita mba aQ jd lega, mdh2n bsk HSG ku lancar. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, gimana tesnya udah berjalan lancar kan?
      Mudah2an gak lama lagi dikasih rejeki hamil ya, n jangan lupa puas2in dulu berduaan ma suami, ntar ada baby pasti kangen masa2 berdua itu :)

      Hapus
  9. Terima kasih tulisannya sist :)
    Hari ini aq ada tes hsg, iseng aja baca2 ulasan tentang hsg dan ternyata gak seserem yg disampaikan suster kmren.
    Semoga tes hsg q lancar jaya. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii..iya nih saya waktu itu juga baca2 pengalaman orang2 jadi malah tambah stress, tapi pas udah ngalamin ternyata ga seserem yg dibayangin :)

      Hapus
    2. hai sist.. td mlm aq hsg.. pas slse hsg..sesmpainya drmh aq pipis kluar drh dkit.. n pginy msih kluar sdkit flek bgtu.. dlu km bgtu g?

      Hapus
    3. hai sist.. td mlm aq hsg.. pas slse hsg..sesmpainya drmh aq pipis kluar drh dkit.. n pginy msih kluar sdkit flek bgtu.. dlu km bgtu g?

      Hapus
    4. Waktu itu saya gak keluar darah ato flek mba..cuma sisa cairan kontrasnya aja yg bakalan keluar setelah proses selesai..

      Hapus
    5. o begitu y mb.. ad yg sprti sya ga y

      Hapus
    6. o begitu y mb.. ad yg sprti sya ga y

      Hapus
  10. hai sist..waktu dimasukin kateternya itu sakit nga yah ?

    BalasHapus
  11. Semalem sy baru tes HSG keram perut smp pg ada yg gitu gk yaa sy smp gk krj dibw jln dan tidur kaya begah perut penuh gitu...

    BalasHapus
  12. Nanti sore udah jadwalkan HSG dengan dokter.. semoga semuanya normal, terimakasih udah share pengalamannya..

    BalasHapus
  13. agak lega stlh baca blog ini sist.. hari sabtu besok aq jg jadwal utk HSG, semoga bener sprti yg dishare di atas.. semoga gak sakit2 bgt, cz aq tipe org nya yg parno bgt sm hal2 kedokteran, tp demi promil, aku akn siapkan mental menghadapi apa pun :)

    BalasHapus
  14. Tulisan ini akan memberikan support yg luar biasa ke banyak wanita yg ragu mau HSG sist..trimakasih banyak..setelah anak pertama saya udah usia 12 taun..dan kami program kehamilan diusia 39 taun ini dokter nyaranin buat HSG tulisan nya membantu banget...thankyu ya sist...jadi yakin jalani program kehamilan ini

    BalasHapus

  15. Siang bunda, saya cek HSG ke dr. Ira rahma hidayati SP.Rad, kebetulan di rsia

    budhi jaya (beliau biasanya di RS Fatmawati). dokter Ira baik sekali, sabar

    ketika proses pemeriksaan. dokter juga pelan-pelan dan selalu memberitahukan

    ke saya setiap step yang dilalui, supaya saya tenang dan rileks. saya kira

    pemeriksaan HSG sakit banget, eh ternyata ga kok, cuman sedikit nyeri aja dan

    prosesnya juga cepat, tidak sampai 30 menit dah kelar dan Alhamdulillah

    saluran rahim saya baik dan tidak ada masalah. Dokter juga menerangkan hasil

    scanning dengan seksama dan menjawab setiap pertanyaan saya dengan penuh

    semangat. Sya Recomed deh dokter Ira rahma untuk bunda yang hendak tes HSG."By Wenny :)"

    BalasHapus
  16. Biayanya brp mbak..
    Kita lg search terus nih
    Bln dpn dmnta hsg tp rs tmpt sy berobat agak mahal. Bs ga rekomendasiin?rs di jabodetabek.thks

    BalasHapus
  17. Biayanya brp mbak..
    Kita lg search terus nih
    Bln dpn dmnta hsg tp rs tmpt sy berobat agak mahal. Bs ga rekomendasiin?rs di jabodetabek.thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di pramita lab 1jt50rb (mei 2016) sy pernah HSG dsana, prosesnya gak sakit sm sekali kok. Dokternya ramah. Semoga membantu

      Hapus
  18. Agak lega baca ini, dari kemaren googling degdegan, tegang aplg liat peralatannya. smg nanti lancar, ngga sakit dan segera hamil spt mba dina. aammiin

    BalasHapus
  19. Halo mba...trimakasih ya untuk pengalamannya yg udah di share, insyaAllah jadi semakin memotivasi saya.. Tapi saya disarankan dr kandungan tes HSG setelah nunggu hasil tessperma suami,karna suami didiagnosa OAT skrang lagi masa terapi di dr andrologi... Untus tesHSG di sekirar gresik yg revomended dmna ya? Kali aja ada yang domisili gresik hhh

    BalasHapus
  20. Assalam sis... Mau bertanya..selepas hsg delay hari ke 14 tu.. sis ada datang bercak darah atau ngak? Sy alami sekarang..konfius haid atau bakal hamil. Doakan sy juga dpt bby ya sis cantik

    BalasHapus
  21. Mkasih mba udah sharing... Alhamdulillah barusan hsg... Aman... Ga ada sakit2nya... Cuma mules ajja dikit... Moga aq jg d segerakan d kasih rezeky baby ya...

    BalasHapus
  22. Mkasih mba udah sharing... Alhamdulillah barusan hsg... Aman... Ga ada sakit2nya... Cuma mules ajja dikit... Moga aq jg d segerakan d kasih rezeky baby ya...

    BalasHapus