Selasa, 25 Maret 2014

Soto Mie Daging

Weekend kemarin gw buat sotomie daging, duhh enak banget ya emang kalo buatan sendiri. Selain puas sama isi2nya, rasanya pun gak kalah enak sama penjualnya.
Gw buat sotomie untuk porsi 2x makan (siang & malam) untuk berdua. Bahan-bahannya :

Bumbu :
- 2 liter air
- 200 gr daging sop (gw beli di superindo)
- 2 lembar daun salam
- 2 batang serai
- 1 ruas kecil kunyit
- 1 ruas kecil jahe
- 1 ruas kecil lengkoas
- 5 siung bawang merah 
- 3 siung bawang putih

Bahan Pelengkap :
- Mie kuning (gw pake mie telor)
- Bihun
- Kol (diiris tipis)
- Tomat
- Daun bawang & seledri
- Bawang Goreng
- Kentang (dipotong dan goreng)
- Tahu goreng (buat ramein aja, karena gw ga pake risol goreng)
- Jeruk Nipis

Cara Membuat :
Rebus daging bersama air lalu masukkan daun salam.
Haluskan b. merah, b. putih, jahe dan kunyit, lalu tumis hingga harum kemudia masukkan serai dan lengkoas (digeprek dulu) diaduk2 lagi kemudian tuang kedalam air rebusan daging. Kalau gw kemarin mulai menumis bumbu halusnya pas daging sudah empuk.
Setelah tumisan masuk, baru deh tambahkan lada, garam dan gula. Kalo mau tambah sedep bisa tambahin micin (optional loh ya) lalu masukkan beberapa irisan daun bawang.
Setelah daging benar2 empuk dan rasa kuahnya sudah pas, matikan apai kemudian tata dalam mangkok : mie, bihun, kentang, tahu dan tomat kemudian siram dengan kuahnya lalu taburi dengan daun seledri, bawang goreng, dan perasan air jeruk nipis.

Dijamin lebih puas kalo buat sendiri...
Happy Cooking ^^


Bakalan sering buat sotomie, penggemar bangettt




Tidak ada komentar:

Posting Komentar