Jumat, 14 Februari 2014

Brownies Kukus

Hallo, udah lama gak tulis2 di blog..malesss banget idupin laptop, loading n connect ke wifi d rumah..huffftt
Ini aja online pake hp, spy ada postingan pas vday..
Oya, happy valentines day yah..pasti yg masih pada tahap pacaran lg seneng2nya dapet hadiah or surprise dr pasangannya, ya kann?
Kalo yg udah merid, mungkin suaminya ada yg makin romantis atau bahkan udah gak pusing2 lagi seperti msh pacaran dulu untuk siapin kado buat kita. Sayangnya, thony termasuk kategori kedua yg udah gak 'ngerayain' bgt pas vday setelah kita merit >. <
Tapi gw tau kok sayang dia ke gw tetep bertambah.
Tapi dia tetep berusaha kok, contohnya tadi pagi tau2 kasih coklat vanhouten rasa almond kesukaan gw, walaupun udah tanpa kata2 romantis lagi di kartu ucapan..heheee
Dan siang tadi pas telepon ngasih tau kalo ntar malem kita makan diluar aja ya (kalo yg ini antara mau dinner pas vday atau baru gajian) wkwkkk terserahlah yg penting judulnya makan keluar..heheee
Oya gw jg gak kasih apa2 sih ke thony, cuma tadi malem abis baca2 resep kue, paginya kepikiran untuk buat brownies coklat ala ny.liem yang terkenal enak itu.
Setelah gw cek stok bahan2 didapur, ternyata harus beli DCC, telor, sama butter, cusss pergi jalan kaki ke tbk deket rumah sekalian olahraga pagi..hihiii

Kelar cuci baju dan cuci piring langsung eksekusi buat kuenya, paling males tuh pisah2in bahan sama cuci alat2nya, kalo makannya sih enak :p

Ini resepnya ya, reseo asli ny. Liem dan ada bbrapa bahan yg gw skip dan ganti sesuai selera.

Bahan I :
6 butir telur
225 gr gula pasir
Emulsifier (gw pake baking soda, dikira2 aja)
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam (kelupaan masukin)

Bahan II :
125 gr terigu
50 gr cokelat bubuk

Bahan III :
175 ml minyak sayur
100 gr dcc

Bahan IV :
75 ml susu kental manis (gw pake mesis, krn ga ada keju jd mesis aja deh)

Cara pembuatan :
Kocok semua bahan I sampai mengembang dan kental, gw kira2 kocok selama 15 menit, lalu masukkan bahan II  kedalamnya yg terlebih dulu dicampur dan diayak, setelah itu masukkan bahan III yang terlebih dulu dilelehkan dan dicampur dengan minyak.
Pada proses pemasukan bahan kedua mixer gw kecepatan rendah lalu pas bahan ketiga gw aduk pakai spatula.

Gw pakai loyang oval kecil supaya hasilnya agak tinggi, loyangnya dioles margrin, dialas kertas roti lalu dioles margarin lagi yaa.
Tuang setengah bagian adonan atau dikira2 aja ya, gw tadi total hasilnya 1 loyang oval plus 4 buah pakai cetakan bolus kecil.
Dikukus selama 10 menit, lalu tambahkan mesis, dikukus lagi selama 5 menit, terakhir tuang sisa adonannya dan kukus lagi selama kurleb 25 menit, setelah itu tes tusuk pastikan kalau sudah matang kuenya.
Matikan kompor, dinginkan dan hias sesuai selera, sebenernya dimakan langsung aja jg udah enak banget, cuma krn pengen lebih cantik lagi jd gw hias pake coklat putih n cherry deh.

Dijamin resep ini enakkkk, lembut dan bakalan jadi resep andalan brokus gw buat nanti2.

Ini foto2nya ya...

Siap untuk dipotong

Sisa 3, yg satu udah dicobain duluan sebelum dihias..heheee

Dijadiin temen baca bukunya shandy aulia..mantapp





1 komentar:

  1. Mmmmm... kayanya enak banget brownies kukusnya mba. Nanti coba ah.. Makasiii :)

    BalasHapus