Rabu, 26 Februari 2014

Bolu Ketan Hitam

Kemarin lagi bosen dirumah jadi googling resep cake yang dikukus, ketemu deh resep yang gak ribet dan lagi2 gak pakai margarin leleh (paling males buat lelehin margarin) Ketemu resep bolu ketan hitam, ada juga brownies ketan hitam tapi gw pilih yang bolu aja karena lagi lagi males banget buat lelehin DCCnya (jangan ditiru ya malesnya..hehee)




Oke buat yang mau coba buat kue ini, cobain deh resep ini dijamin enak dan pas banget rasanya.

Bolu Ketan Hitam 
Bahan :
250 gr tepung ketan hitam
6 butir telur
200 gr gula halus / pasir (kemarin gw pakai gula halus)
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt vanilli bubuk
1/2 sdt garam halus
200 gr minyak sayur (ditimbang)
2 sdm susu kental manis

Cara Pembuatan :
Panaskan kukusan, lalu tutup penutup pancinya dengan serbet agar uap air tidak menetes ke adonan saat pengukusan.
Siapkan loyang tulban atau loyang bulat/kotak biasa diameter 22cm, olesi dengan margarin dan taburi sedikit terigu, sisihkan.
Kocok telur, gula, vanilli, baking powder dan garam hingga mengembang, kental dan pucat (kira2 10 menit) lalu tuangi susu kental manis.
Turunkan kecepatan mixer hingga speed paling rendah kemudian masukkan tepung ketan sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
Matikan mixer kemudian tuangi minyak sayur sedikir demi sedikit kemudian aduk balik menggunakan spatula hingga adonan tercampur rata. Pastikan tidak ada minyak sayur yang mengendap agar cake tidak bantat.
Bila sudah tercampur rata tuang ke dalam loyang dan kukus selama 35 sampai 40 menit hingga matang, lakukan tes tusuk dulu sebelum cake diangkat.
Biarkan hingga dingin lalu dipotong sesuai selera. Sajikan deh ^^






Moist banget!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar