Selasa, 18 Februari 2014

Semur Daging Tahu Kentang

Haiii, gw mau posting resep lagi nih.. Jadi setiap minggu gw kadang suka tanya thony  dia mau makan lauk apa? Semur daging dia jawab.
Jadilah minggu pagi sesuai rutinitas selalu belanja ke pasar atau ke tukang sayur di deket rumah mama.
Kenapa gak beli harian aja dirumah? Emang sih di komplek rumah gw ada tukang sayur lewat setiap hari, cuma ya itu sayurnya yg dibawa gak lengkap n kebanyakan pas sampe rumah gw udah pd sisa2 yg jelek2 karena dia selalu diatas jam 10 sampenya.

Oke, ini resepnya ya. Kemarin gw pakai daging hanya 300gr krng lebih 7 potong, 6 buah tahu kulit coklat dan 2 buah kentang ukuran besar.

Bumbu halus :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe
2 cm kunyit
1/2sdt ketumbar
1/2 butir biji pala (atau pakai pala bubuk)
6 butir kemiri

1/2 buah tomat dipotong2
2 batang serai dimemarkan
3 lembar daun salam

Cara membuat :

Tumis bumbu halus dengan minyak goreng secukupnya, setelah harumnya keluar tambahkan salam dan serai, kemudian daging..diaduk sampai warnanya berubah lalu masukkan tomat.
Setelah rata tambahkan kecap manis dan diaduk sampai rata sebentar saja, lalu tuang air secukupnya (gw kira2 pakai 1 1/2 liter air dgn waktu 1 jam sampai dagingnya empuk)

Jangan lupa beri garam, gula dan merica sesuai selera.
Setelah kira2 5 menit sebelum diangkat, baru deh gw masukkan tahu dan kentang (yg digoreng terlebih dulu) agar kentangnya gak hancur krn lamanya proses pematangan daging.

Gimana, gampang kan?

Tips :
Bila daging dirasa belum cukup empuk tetapi kuahnya sudah tiris, bisa ditambahkan air lagi, gak lupa kecap gula dan garam pun ditambah sesuai selera.



Jangan lupa taburin bawang goreng ya ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar