Rabu, 20 November 2013

Risoles Rogut

Beberapa hari kemarin gw blogwalking dan ketemu dengan sebuah blog yang share tentang masakan, kue-kuean dan bahan-bahannya.. kalo mau tau blognya klik disini
Gw buka resep demi resep yang mba diah post di blognya, dan gw udah berhasil  membuat 2 jenis masakan dan 1 jenis kue kering. Dari ketiga resep tersebut semuanya berhasil, resepnya recommended banget buat dicoba :)

Risoles ini salah satunya :
Bahan2nya mudah banget n udah pasti ada di dapur.

Kulit :
100 gr terigu
3 butir telur
250 ml susu cair
50 gr margarin (lelehkan)

Pertama masukkan terigu dalam baskom dan buat bulatan ditengahnya dan masukkan telur di bulatan tersebut


Lalu diaduk satu arah sampai bahan tercampur rata


Kemudian masukkan susu sedikit demi sedikit, sampai tidak ada yang bergerindil lagi adonannya


Terakhir masukkan mentega leleh




Diaduk satu ara sampai rata dan benar2 tercampur, kalo gw kemarin setelah udah rata tetapi masih ada adonan yang agak bergerindil makanya gw saring lagi pakai saringan halus.

Setelah semuanya sudah oke diamkan selama 30 menit ya, pas udah 30 menit adonan kulit risoles gw kemarin agak sedikit mengental. Lalu siap untuk digoreng deh, gak perlu dioles pakai minyak lagi ya teflonnya dan harus sedikit cekatan pas goreng kulitnya ini.
Karena begitu adonan dituang (gw pakai sendok sayur bulat, biar pas aja ukurannya) kalian harus memutar2 teflon agar adonannya merata.

Untuk isi kemarin gw pilih raugut ayam telur, ini bahan2 yang gw pakai kemarin
- Dada ayam fillet direbur lalu disuwir2 (air rebusan jangan dibuang)
- Wortel import 1/2 aja dan dipotong2 dadu kecil
- Jagung manis dipipil
- 2 butir telur rebus (diiris panjang)
- 3 sdm terigu
- air kaldu ayam (tergantung kekentalan yang diinginkan)
- Garam, gula, lada
- 1/2 butir bawang bombay(cincang halus)
- 3 siung bawang putih (cincang halus)

Pertama2 rebus wortel dan jagung 1 menit aja, lalu saring
Tumis bawang bombay, setelah layu masukkan bawang putih dan jika udah harum masukkan ayam, wortel dan jagung.
Setelah rata masukkan bumbu2 dan terigu secara perlahan2
Kalo udah berbutir2 tambahkan air sedikit demi sedikit (kekentalan adonan terserah kalian mau kental atau tidak) koreksi rasanya deh udah pas apa belum, kalo menurut gw sih lebih enakkan agak manis ya isinya karena si kulitnya udah cukup gurih karena mengandung susu.
Angkat dan dinginkan.


Setelah semua bahan udah siap dan beres, nah bagian yang agak tricky juga nih pas gulungnya, karena kalo kulitnya terlalu tebal pun jadi mudah robek saat dilipat. untungnya kemarin kulit risoles gw pas dan ga ketebelan..yayyyyy
Siapkan satu kulit dan letakkan 1 sendok makan isian dan 1 irisan telur diatasnya. Digulung deh
Oya kemarin itu gw ga pake cairan terigu buat perekat adonannya, gatau kenapa pas gw gulung adonannya udah bisa nempel dengan baik.

Jadi 15 lembar kulit

Lalu setelah ini siapkan putih telur dan tepung panir secukupnya (kemarin gw pakai tepung roti mama suka karena ga punya tepung panir)
Caranya digulingkan kedalam tepung panir, lalu ke putih telur dan ke tepung panir lagi.

Note :
Untuk menggoreng harus dengan minyak banyak agar terendam seluruhnya dan minyaknya harus benar2 panas.
Setelah risoles masuk ke wajan, apinya pakai yang sedang aja ya biar ga cepet gosong n merata matangnya
Jangan goreng risoles dalam keadaan yang baru keluar dari freezer, didiamkan dulu beberapa saat. Untuk mencegah risoles pecah saat digoreng.

Oke itu aja bahan dan cara pembuatannya, gampang kan :)

Penampakan Risoles, luamayanlah bagi pemula seperti saya..heheee




Tidak ada komentar:

Posting Komentar