Rabu, 27 November 2013

Chicken Katsu

Menu makan minggu ini kembali coba buat chicken katsu ala solaria, dari jaman pacaran gw sama thony sering makan disana n sering pesen mie ayam katsunya, emang enak dan murah ya.

Setelah googling resep yang paling pas n cocok menurut gw. Cukup simple dan semua bahan-bahannya ada di dapur.

Bahan :
- Dada ayam fillet 
- tepung terigu secukupnya
- tepung maizena 2 sdm
- tepung roti
- 1 buah putih telur
- garam dan lada secukupnya
- air perasan jeruk nipis

Bahan saus teriyaki
- irisan bawang bombay
- saus teriyaki (gw pake saori)
- saus tomat
- garam
- merica
- gula pasir
- air secukupnya
- larutan maizena
- margarin

Cara membuat :

Cuci bersih daging ayam dan rendam dengan air jeruk nipis sebentar dan tiriskan. Oya sebelumnya daging dada ayam gw tipisin dulu pakai ulegan krn ga punya palu daging..wkwkk
Lalu bumbui dengan lada dan garam secukupnya

Setelah itu celupkan ayam ke campuran terigu dan maizena kemudian celup ke putih telur, tepung lagi, putih telur batu terakhir ke tepung roti. Gw 2x celupin ke tepungnya supaya agak tebal crispynya.

Kalau sudah selesai, sebaiknya didiamkan dulu di kulkas selama 30 menit agar semakin renyah. Kalau mau langsung goreng jg gakpapa.

Goreng dengan api sedang dan minyak banyak hingga bewarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan

Cara membuat saus teriyaki

Tumis bawang bombay dengan margarin hingga harum kemudian masukkan saus teriyaki, saus tomat dan sedikit kecap manis, aduk sampai rata.

Tambahkan air sesuai selera, masukkan lada, garam, gula pasir, tes rasa.

Jika rasanya udah pas, tambahkan larutan maizena hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. 

Penyajian :

Potong2 ayam lalu tuangi diatasnya saus teriyaki.
Kemarin gw juga tambahin salad kol n wortel yang diiris tipis lalu direndam air cuka selama 30 menit, supaya berasa asamnya.


Serasa lagi makan di resto nih..:p


Tidak ada komentar:

Posting Komentar