Jumat, 27 Februari 2015

Pasca Melahirkan

Pas cesar kemarin gw dirawat dua malam, tgl 16 pagi lahiran n tgl 18 udah boleh balik ke rumah..
ASI gw gak langsung keluar saat itu, tadinya gw kekeh nunggu sampe 3 hari, tapi berhubung desakan dari para tetua yang katanya kasihan bayinya nangis terus kehausan, akhirnya dengan berat hati gw setuju buat dikasih susu formula --'

Di rumah sakit gw ikut kelas laktasi n dikasi tau posisi menyusui yang benar, manfaat asi buat bayi dan perawatan puting.
Walau asi gw belom keluar, sejak hari pertama gw selalu susui Licia, puting lecet pun gw alami n sakit pas nyusuin. Gw tanya ke dokter apa gak papa puting berdarah gitu gw tetep susuin Licia? Kata dokter gak papa n terus susuin aja karena asinya sendiri obat alaminya. Bener ajaa walo cenat cenut pas nyusuin karena puting lecet tapi lama kelamaan hilang sendiri lecetnya.

Itu masalah ASI, yg kedua tentang jahitan .
Gw ga ngerasain kesakitan pada luka jahitan, baik saat belajar duduk, miring ke kiri kanan n pas belajar jalan. Paling berasa itu saat gw bangun dari posisi tiduran, itupun ga terlalu sakit n gak lebih dari dua minggu terasanya.

Yang paling sulit saat 1 bulan pertama karena gw masih kaget sama jam tidur bayi yang gak kenal siang malam dia bangun minta nenen, gw sama thony berasa jadi zombie baru..wkwkwkkkk
Sampe2 berat badan gw cepet banget turunnya. Sebelom hamil berat badan gw 50kg, trus naik 14 kg, sehabis melahirkan cuma berkurang 3kg, seminggu stelah lahiran udah turun jadi 56, sebulan setelah lahiran turun lagi ke 52 kilo...yayyyy celana2 pendek pun udah bisa gw pake lagi.

Masalah lain tentang tidurnya licia, yang maunya digendong terus, sampe kira2 umur 1 bulan nyokap gw pasangin ayunan. Terus kebiasaan licia kalo mau maghrib selalu rewel, tapi sekarang udah mulai berkurang rewelnya dari yang nangis kejer tiap maghrib, skrg cuma ngerengek sebentar aja dan udah ga perlu digendong2 dulu, skrg cuma diempok2 aja pantatnya udah bisa tidur.


Segitu dulu ya tulisan kali ini, nanti gw sambung lagi perkembangan licia di bulan2 berikutnya..

Bye..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar